Selasa, 27 Oktober 2015

Prodi Tafsir Hadis


PROGRAM STUDI TAFSIR HADITS
Berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Tinggi Islam Nomor: Dj.I/421/2007 tertanggal 01 November 2007 prihal tentang persetujuan Izin Oprasional PTAIS yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Kamal NW Kembang Kerang beralamat Jl. Segara Anak Lt. II Kembang Kerang Daya Aikmel Kabupaten Lombok Timur Propinsi Nusa Tenggara Barat, maka untuk tahun 2008 akan menyelenggarakan jenjang pendidikan Strata 1 (S-1).
Sedangkan Program Studi (Prodi) yang akan dibuka yaitu Prodi Khusus Tafsir Hadits sebagaimana yang telah dilakukan oleh Departemen Agama RI di PTAIN seluruh Indonesia, dimana ada 5 PTAIN yang siap dan sanggup untuk menyelenggarakan program Khusus tersebut sebagai berikut; IAIN Wali Songo Semarang, IAIN Imam Bonjol Padang, IAIN Sunan Ampel Surabaya, IAIN Antasari Banjarmasin, IAIN Alaudin Makasar. Adapun output (lulusan) Program khusus Tafsir Hadits ini akan diarahkan menjadi Ulama, Penyuluh Agama, Pengkaji/ peneliti dan Ustad (Dosen/Guru). Adapun gelar sarjana prodi Tafsir Hadits di STAI Darul Kamal NW yang diberikan akan ditentukan atau ditetapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Untuk kedepan, rencana pengembangan STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang akan mempersiapkan dan mengusulkan beberapa program Studi baik dibawah naungan Departemen Agama RI maupun Depdiknas RI sehingga kebutuhan akan pelayanan pendidikan tinggi yang layak dan relevan bagi kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi.
Untuk mengembangkan Program Studi Tafsir Hadits ini lebih spesifik memiliki visi, misi, tujuan dan kompetensi lulusan sebagai berikut:
1. Visi
Prodi Tafsir Hadits unggul, humanis, dan berdaya guna bagi kehidupan beragama dan berbangsa.
2. Misi
1) Melahirkan kader-kader Ulama (sarjana) yang memiliki wawasan Islam secara komprehensif.
2) Menggali/mengkaji tradisi keilmuan klasik dan modern sebagai problem solving terkait dengan berbagai persoalanl beragama dan bermasyarakat.
3) Menumbuhkembangkan tradisi/kulture penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasil kan karya akademik yang unggul dan menjadi rujukan dalam bidang keagamaan dan sosial
4) Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dan kinerja prodi Tafsir Hadits
3. Tujuan
1) Menghasilkan ulama berkemampuan ilmu-ilmu keislaman secara holistik dan integral sehingga mampu mengkomunikasikan dan menerapkan dalam semua aspek kehidupan moderen
2) Menghasilkan dosen atau guru yang ahli dalam bidang ilmu-ilmu keislaman
3) Menghasilkan peneliti yang unggul dalam mengkaji bidang ilmu keislaman dan sosial
4) Menghasilkan sarjana Islam yang siap berkompetesi untuk melanjutkan studi S-2 di luar negeri.
4. Kompetensi Lulusan (Output)
1. Sarjana Islam (Ulama) yang menguasai ilmu-ilmu dasar keislaman meliputi; Aqidah, Syari’ah dan Akhalq secara holistik dn integral.
2. Sarjana Islam (Ulama) yang memiliki kemampuan dalam mengkomunikasikan ilmu dasar keislaman tersebut secara lisan, tulisan dan menerapkan dalam kehidupan modren.
3. Sarjana Islam yang menguasai metode klasik dan modren dalam mengkaji dan meneliti
4. Sarjana Islam yang trampil dalam berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam bahasa Arab dan Inggris
5. Sarjana Islam yang memiliki kemampuan dalam mengakses (memahami) literature berbahasa Arab dan Inggris
6. Sarjana Islam yang hafal al-Qur’an minimal 3 Juz diluar kuliah
7. Sarjana Islam yang hafal Hadits pilihan minimal 200 hadits
8. Sarjana Islam yang memiliki sikap/keperibadian Islami dan berkarakter kuat; siddiq, amanah, tabliq dan pathonah.

0 komentar:

Posting Komentar